Minggu, 06 Mei 2012

manejemen motivasi


     
Motivasi adalah proses yang memberi semangat, arah, dan kegigihan perilaku. Artinya, perilaku yang termotivasi adalah perilaku yang penuh energi, terarah, dan bertahan lama. Motivasi juga merupakan suatu keadaan yang mendorong, mengarahkan, dan mempertahankan perilaku dalam melakukan sesuatu.

Motif berasal dari bahasa Latin ‘movere’ yang berarti bergerak atau bahasa Inggrisnya ‘to move’. Kata motif seringkali diartikan dengan istilah dorongan. Dorongan atau tenaga tersebut merupakan gerak jiwa dan jasmani untuk berbuat. Jadi motif tersebut merupakan suatu driving force yang menggerakkanmanusia untuk bertingkah-laku, dan di dalam perbuatannya itu mempunyai tujuan tertentu.

Terbentuknya motivasi berasal dari dua jenis, yaitu berasal dari diri sendiri (internal) dan juga berasal dari lingkungan. Motivasi internal adalah motivasi yang muncul dari dalam diri sendiri tanpa ada faktor luar yang mempengaruhi. Motivasi ini lebih menekankan nilai dari kegiatan itu sendiri dari pada penghargaan dari luar. Motivasi internal masih dibagi lagi menjadi dua yaitu, determinasi diri dan pilihan personal. Determinasi disini maksudnya adalah kita melakukan sesuatu karena kita mau melakukannya bukan karena paksaan atau imbalan. Sedangkan pilihan personal adalah kita melakukan sesuatu karena kita merasakan perasaan bahagia dan menyenangkan, kita merasakan kepuasan tersendiri ketika selesai melakukan sesuatu. Motivasi yang muncul dari dalam diri misalnya, kita melakukan suatu pekerjaan karena kita ingin mengembangkan diri dalam bidang pekerjaan tersebut bukan karena faktor luar seperti hukuman dan imbalan.

Berbeda dengan motivasi ekternal yaitu motivasi yang muncul karena dorongan dari luar baik itu berupa hal yang positif seperti imbalan, reward, hadiah, penghargaan dan lain-lain maupun hal yang negatif seperti, hukuman, paksaan dll. Contiohnya kita bekerja karena gaji yang akan kita dapatkan setiap bulannya.Motivasi yang paling kuat adalah motivasi yang berasal dari dalam diri seseorang, sebab kita dengan sadar ingin melakukan sesuatu bukan karena imbalan, pujian, hukuman dan lain-lain tetapi karena kita memang menginginkannya.

Hal apa saja yang sekiranya motivasi Anda menjadi berjalan dengan baik dan efisien. Misalnya Anda ingin memotivasi beberapa orang karyawan Anda untuk mencapai apa yang diinginkannya.

1. Cari jalan keluar atau melakukan struktur ulang terhadap pekerjaan agar pekerjaan tersebut lebih menarik dan tidak membosankan dengan cara mengembangkan dan membuat pekerjaan tersebut secara lebih rinci.

2. Membuat jadwal rotasi tugas, sehingga selain mendapatkan pengalaman baru, karyawan yang Anda motivasi dapat mengurangi kejenuhan akan rutinitas pekerjaan.

3. Mencari jalan keluar bagaimana memberikan tugas-tugas yang lebih penting, menarik dan lebih menantang.

4. Orang yang tidak dapat memberikan penghargaan terhadap orang lain yang telah menyelesaikan pekerjaan dengan baik adalah sebuah kegagalan besar. Maka lakukanlah sekecil apapun untuk sekedar memberikan pujian seperti "Good Job", "kerja kamu bagus" dan lain-lain.

5. Memberikan kesempatan untuk berdiskusi tentang rencana kerja dan pengambilan keputusan sehingga mereka merasa penting menjadi bagian dari rencana Anda.

6. Tunjukkan keinginan pribadi Anda secara tulus untuk membantu, rasa saling menghargai kepada mereka dan orang-orang di lingkungan Anda .

7. Memberikan kesempatan untuk mendapatkan pelatihan dan pengembangan pribadi serta perkembagan karir.

8. Memberikan penjelasan tentang pentingnya setiap tugas yang diberikan dan harus diselesaikan tepat pada waktunya.

9. Jelaskan tentang pentingnya menciptakan ramah lingkungan dalam bersosialisasi dengan rekan-rekan kerja lainnya, selalu berpikir positif dan saling menghargai.

11. Membantu mereka agar dapat berkembang secara pribadi dengan profesionalisme tinggi terutama tentang kualitas dan nilai pekerjaan mereka.

Memberikan arahan yang jelas terhadap tujuan-tujuan Anda secara spesifik, jelas dan kemungkinan untuk mencapainya.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar