PENDAHULUAN
Perdagangan
melalui jaringan elektronik (E-commerce) merupakan perdagangan atau perniagaan
yang menggunakan media elektronik sebagai perantaranya dan tersambung dengan
internet sebagai medianya.
PEMBAHASAN
2.1 Perdagangan melalui jaringan elektronik
Perdagangan
melalui jaringan elektronik sebagai penggunaan computer untuk memudahkan semua
operasi perusahaan. Keuangan berhubungan dengan pemegang saham dan pemilik
serta pelanggan perusahaan. Sumber daya manusia memiliki perhatian khusus pada
masyarakat global dan serikat buruh. Jasa informasi berhubungan dengan pemasok
perangkat keras dan perangkat lunak. Manufaktur berhubungan dengan pemasok
perusahaan dan serikat buruh. Pemasaran terutama bertanggung jawab untuk
berhubungan dengan pelanggan dan pesaing perusahaan. Semua area itu berhubungan
dengan pemerintah. Transaksi bisnis yang menggunakan akses jaringan, sistem
berbasis komputer, dan jaringan internet.
- Manfaat perdagangan melalui jaringan elektronik :
–
Pelayanan yang lebih baik bagi pelanggan
–
Hubungan antara pembeli dan pemasok tercipta dengan baik
–
Pengembalian atas investasi pemegang saham, dan pemilik yang meningkat
–
Perusahaan-perusahaan ikut serta dalam perdagangan melalui jaringan elektronik
untuk mencapai perbaikan di seluruh organisasi.
–
Manfaat berkontribusi pada stabilitas keuangan perusahaan dan memungkinkannya
untuk bersaing lebih baik dalam dunia bisnis yang semakin terikat untuk
menggunakan teknologi computer.
- Kendala perdagangan melalui jaringan elekronik
–
Biaya yang dikeluarkan sangat tinggi
–
Masalah keamanan kurang terjamin
–
Banyak perangkat lunak yang kurang memadai atau bahkan tidak tersedia
–
Perusahaan – perusahaan yang telah memiliki system terutama menggunakannya
untuk transaksi antara pengguna dengan pemasok
–
serta proses-proses utama yang berhubungan dengan pesanan pembelian,
transfer, serta faktur.
- Jalan menuju perdagangan melalui jalur elektronik
- Mengumpulkan intelijen bisnis
- System Antar Organisasi (IOS) dimana didalamnya terdapat EDI
- Membuat metodologi yang tersedia mencakup daur hidup system dan peranvangan ulang proses bisnis
- Menggunakan teknologi yang tersedia dengan sambungan langsung, jaringan nilai tambah dan internet
Membentuk
suatu sistem antar-organisasi (IOS).Secara garis besar dapat digambarkan
seperti ini Rencana bisnis strategis untuk mewujudkan komitmen untuk
menggunakan perdagangan melalui jaringan elektronik untuk mencapai keunggulan
strategis. Perusahaan pertama-tama mengumpulkan intelijen bisnis sehingga dapat
memahami peran potensial yang akan dimainkan tiap elemen lingkungan. Saat perusahaan-perusahaan
saling berinteraksi, langkah selanjutnya adalah membentuk suatu system antar
organisasi (IOS) melalui pertukaran data elektronik (EDI) atau suatu ekstranet.
Ekstranet adalah suatu jenis khusus system internet yang menggunakan browser halaman
Web dan server web standar, seperti system internet tradisional, tetapi
sejumlah kecil entitas luar yang dipercaya diberikan akses ke data dan aplikasi
sensitive milik perusahaan. IOS dicapai dengan mengikuti siklus hidup system
atau melakukan rancang ulang proses bisnis (BPR). Hasilnya adlah system
berorientasi jaringan yang menggunakan sambungan langsung, jaringan bernilai
tambah, internet, atau kombinasinya.
2.2 Strategi Perdagangan Melalui Jaringan Elektronik
Untuk
tiap masalah, ada beberapa kemungkinan solusi, dan situasi ini dapat diterapkan
untuk permasalahan menentukan strategi terbaik perdagangan melalui jaringan
elektronik. Namun strategi yang paling penting disebut adalah strategi yang
elemen-elemennya dikaitkan dengan transmisi data elektronik. Nama yang
diberikan untuk strategi ini adalah sistem antar organisasi (IOS).
Istilah lain adalah EDI yang berarti pertukaran data elektronik. Kedua
istilah tersebut sering dipergunakan bergantian, tetapi jika dibuat suatu
pebedaan, EDI dianggap subset dari IOS. Pertukaran data elektronik adalah
suatu cara untuk mencapai sistem antar-organisasi.
2.3 System antar organisasi
IOS
(Interorganizational system), disebut sistem informasi antar organisasi,
adalah suatu kombinasi perusahaan-perusahaan yang terkait sehingga mereka
berfungsi sebagai suatu sistem tunggal; yang bekerja sama untuk mencapai tujuan
bersama. Perusahaan-perusahaan yang membentuk IOS disebut mitra dagang
atau mitra bisnis.
- Manfaat IOS
Para
mitra dagang ikut dalam IOS dengan harapan memperoleh manfaat tertentu.
Manfaat itu terbagi dalam dua kategori – efisiensi komparatif dan kekuatan
tawar menawar.
- Efisiensi Komparatif
Dengan
bergabung dalam IOS, para mitra dagang dapat menyediakan barang dan jasa mereka
dengan biaya yang lebih murah daripada pesaing. Perbaikan dalam efisiensi
ini dapat berasal dari dalam dan berkaitan dengan organisasi lain.
ü
Efisiensi internal
Terdiri
dari perbaikan-perbaikan dalam operasi perusahaan itu sendiri, sehingga
memungkinkan perusahaan untuk mengumpulkan data lebih cepat, menganalisisnya
lebih cepat, dan membuat keputusan lebih cepat.
ü
Efisiensi antar organisasi
Mencakup
perbaikan-perbaikan yang diperoleh melalui kerjasama dengan perusahaan
lain. Perbaikan ini memungkinkan perusahaan untuk menawarkan lebih banyak
barang dan jasa, melayani lebih banyak pelanggan, memindahkan pekerjaan
tertentu ke pelosok atau pelanggan, serta lebih mudah mengumpulkan data
lingkungan.
2.
Kekuatan tawar menawar
Kemampuan
suatu perusahaan untuk menyelesaikan perselisihan dengan pemasok dan
pelanggannya yang menguntungkan dirinya disebut kekuatan tawar menawar (bargaining
power). Kekuatan itu berasal dari 3 metode dasar
1.
Keistimewaan produk yang unik; pemesanan lebih mudah, pengiriman yang lebih
cepat, waktu respon atas permintaan informasi yang lebih cepat.
2.
Penurunan biaya yang berhubungan dengan pencarian; mengurangi biaya
belanja dalam mencari pemasok, dapat mengidentifikasi produk alternative dengan
mendapatkan harga yang terendah.
3.
Peningkatan biaya peralihan; perusahaan ingin jika pelanggan beralih ke
pesaing maka biaya peralihannya menjadi mahal. Ketergantungan produk satu
dengan yang lainnya sangat tinggi.
2.4 Pertukaran Data Elektronik (EDI)
Pertukaran
data elektronik (EDI) adalah transmisi data dalam bentuk yang terstruktur dan
dapat dibaca mesin secara langsung dari komputer ke komputer diantara beberapa
perusahaan. Transmisi tersebut memungkinkan data ditransmisikan dan
diterima tanpa pengetikan ulang.
- Hubungan EDI yang umum
Membentuk
kaitan antara perusahaan dan pemasoknya (supply side) dan kaitan antara
perusahaan dengan pelanggan (customer side)
Set transaksi adalah suatu jenis dokumen tertentu seperti faktur.
EDI memungkinkan terjadinya Pengisian Kembali Persediaan oleh Penjual dan Transfer Dana secara Elektronik.
Set transaksi adalah suatu jenis dokumen tertentu seperti faktur.
EDI memungkinkan terjadinya Pengisian Kembali Persediaan oleh Penjual dan Transfer Dana secara Elektronik.
- Standar EDI
Standar
yang digunakan di Amerika Utara dinamakan ANSI ASC X12. Standar Internasional
dinamakan EDIFACT.
- Tingkat penerapan EDI
Tiga
tingkat penggunaan yang berbeda, yaitu :
1. Pemakai tingkat satu, hanya satu atau dua set transaksi yang ditransmisikan ke sejumlah mitra dagang yang terbatas.
2. Pemakai tingkat dua, banyak set transaksi yang ditransmisikan ke sejumlah mitra dagang, melampaui lini industri.
3. Pemakai tingkat tiga, bukan Cuma banyak set transaksi yang ditransmisikan ke banyak mitra dagang, tetapi aplikasi computer perusahaan disesuaikan dengan pendekatan EDI.
Tujuan tingkat satu dan dua adalah mengubah dokumen kertas menjadi elektronik.
Pengaruh Penerapan EDI :
– Tekanan Pesaing
– Kekuasaan yang dilaksanakan
– Kebutuhan Intern
– Dukungan manajemen puncak
1. Pemakai tingkat satu, hanya satu atau dua set transaksi yang ditransmisikan ke sejumlah mitra dagang yang terbatas.
2. Pemakai tingkat dua, banyak set transaksi yang ditransmisikan ke sejumlah mitra dagang, melampaui lini industri.
3. Pemakai tingkat tiga, bukan Cuma banyak set transaksi yang ditransmisikan ke banyak mitra dagang, tetapi aplikasi computer perusahaan disesuaikan dengan pendekatan EDI.
Tujuan tingkat satu dan dua adalah mengubah dokumen kertas menjadi elektronik.
Pengaruh Penerapan EDI :
– Tekanan Pesaing
– Kekuasaan yang dilaksanakan
– Kebutuhan Intern
– Dukungan manajemen puncak
- Manfaat EDI.
Beberapa
manfaat EDI langsung berasal dari teknologi. Ini adalah manfaat langsung
dari pengurangan kesalahan, pengurangan biaya, dan peningkatan efisiensi
operasional. Manfaat lain di hasilkan oleh manfaat langsung. Ini adalah manfaat
tidak langsung dari peningkatan kemampuan bersaing, hubungan dengan mitra
dagang yang lebih baik, dan pelayanan pelanggan yang lebih baik
.
2.5. Teknologi
Perdagangan Melalui Jaringan Elektronik
Pilihan
Teknologi :
1)
Sambungan Langsung (direct connectivity), bekerja sama dengan penyedia jasa
telekomunikasi
2)
Jaringan Bernilai Tambah ( value-added network), jaringan ini disediakan oleh
penjual yang bukan hanya menyediakan sirkuit tetapi juga menyediakan banyak
jasa yang diperlukan untuk menggunakan sirkuit itu bagi EDI.
3)
Internet, memungkinkan suatu jaringan komunikasi global yang tidak hanya
menghubungkan para mitra dagang tetapi juga mencakup para pelanggan.
Sumber :
sri_wiji.staff.gunadarma.ac.id
Tidak ada komentar:
Posting Komentar