PENDAHULUAN
Sistem Informasi Manajemen (SIM). Anda pasti pernah
mendengarnya. Dalam bayangan mungkin berhubungan dengan perusahaan-perusahaan.
besar. Pendapat ini memang tak salah, namun SIM juga tak hanya sering
digunakan oleh perusahaan, lembaga pendidikan seperti universitas juga
menggunakan SIM. Sebenarnya apakah SIM itu?
SIM adalah serangkaian sub-sistem informasi yang
menyeluruh dan terkoordinasi yang secara rasional mampu menstransformasikan
data sehingga menjadi informasi dengan berbagai cara guna meningkatkan
produktivitas yang sesuai dengan gaya dan sifat manajer dasar kriteria mutu
yang telah ditetapkan . Dengan kata lain SIM adalah sebagai suatu sistem
berbasis komputer yang menyediakan informasi bagi beberapa pemakai dengan
kebutuhan yang sama. Dalam teori SIM, komputer bukan prasyarat mutlak bagi
sebuah SIM, namun dalam praktek SIM yang baik tidak akan ada tanpa bantuan
kemampuan pemrosesan computer. Bagaimanapun untuk melakukan koordinasi dalam
SIM akan lebih terbantu jika melibatkan computer.
PEMBAHASAN
Management
Information System (MIS) yang biasa disebut system informasi manajemen adalah
suatu system manusia-mesin yang terpadu, guna menyediakan informasi yang
mendukung proses, manajemen, dan fungsi pengambilan keputusan dalam suatu
organisasi.
- Komponene Pembangun MIS
- Hardware
Digunakan untuk
melaksanakan kegiatan input > proses > output
- Software
Program
komputer yang dijalankan pada Hardware
-
System software
-
Application Software
- Database
Software
aplikasi khusus yang dibangun untuk mengorganisasikan data dan informasi pada
proses operasi suatu organisasi.
- Infrastructure
Peralatan yang
digunakan untuk menghubungkan perangkat keras yang terpisah, seperti :
- peralatan
telekomunikasi
- jaringan
(network)
- internet
- People ( manusia )
- Prosedur
- Aturan untuk mengembangkan dan menggunakan system informasi.
- Model
- Abstraksi dari kenyataan. Semua model didasarkan pada asumsi. Seperti : kondissi pasar dan legal restriction. Asumsi harus bersifat konsisten.
- Tipe Sistem Informasi
- Executive Support System ( ESS ) : Sistem Pendukung Ekseskutif
Masuk dalam
level Strategis, adalah system informasi yang mengarah pada pengambilan
keputusan yang tidak terstruktur melalui tampilan grafik dan komunikasi.
- Management Information System ( MIS ) : Sistem Informasi Manajemen
Masuk dalam
level Manajemen, adalah suatu system manusia-mesin yang terpadu, guna
menyediakan informasi yang mendukung proses, manajemen, dan fungsi pengambilan
keputusan dalam suatu organisasi.
- Decision Support System (DSS) : Sistem Penunjang Keputusan
Adalah Sistem
informasi pada level amanjemen yang mengabungkan anatar data dan model analisis
mutakhir atau peralatan untuk menganalisis data yang mendukung proses
pengambilan keputusan semi terstruktur maupun terstruktur.
- Office Automation System (OAS) : Sistem Automatisasi Perkantoran
Sistem computer
seperti word processing, system e-mail dan system penjadwalan yang dirancang
untuk meningkatkan produktifitas karyawan khususnya data worker di perusahaan
tersebut.
- Transaction Procesing System (TPS) : Sistem Pemrosesan Transaksi
Sistem
komputerisasi yang menjalankan dan menyimpan data transaksi rutin harian yang
diperlukan untuk kelangsungan organisasi.
- Klasifikasi Sistem Informasi Berdasarkan Area Fungsional >>
- Sistem Informasi Akuntansi & Keuangan
Sistem yang
menjaga arus dana dan aset financial dari perusahaan.
- Sistem Informasi Manufaktur
Sistem yang
berhubungan dengan perencanaan, pengembangan dan proses produksi dari produk
dan layanan serta pengawasan arus produksi.
- Sistem Penjualan dan Pemasaran
Sistem yang
dapat membantu perusahaan dalam mengidentifikasi pelanggan, mengembangkan
produk dan layanan yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan, mempromosikan produk
dan layanan, menjualnya dan menyediakan dukungan bagi pelanggan.
- Sistem Sumber Daya Manusia
Sistem yang
menjaga data karyawan, kehlian masing-masing karyawan, performa kerja dan
mengadakan pelatihan serta membantu perencanaan kompensasi dan pengembangan
karir karyawan.
1.2 Pentingnya
Manajemen Informasi dalam Perusahaan
Ada 2 alasan kenapa para manajer sekarang ini, memberikan perhatian yang semakin besar terhadap manajemen informasi.
Ada 2 alasan kenapa para manajer sekarang ini, memberikan perhatian yang semakin besar terhadap manajemen informasi.
- Alasan
pertama: Kompleksitas kegiatan bisnis yang semakin meningkat yaitu:
1. Pengaruh Ekonomi Internasional
2. Persaingan Dunia
3. Kompleksitas Teknologi yang Meningkat
4. Batas waktu yang Singkat
5. Kendala kendala Sosial
- Alasan kedua: Kemampuan komputer yang semakin baik.
- meningkatnya kekompleksan tugas manajemen bisa di bilang akibat tuntan pekerjaan yang Terus bertambah dan terus menuntut untuk jauh lebih baik.keberhasilan suatu organisasi dalam mencapai tujuannya sngat tergantung pada kemampuan orang yang mengelola organisasi tersebut .manajemen sebagai suatu metode yang mengatur,mengelola organisasi dpapt di artikan sebagai seni melaksanakan sesuatu melalui orang,jika manajemen suatu organisasi baik maka akan meningkatkan kemakmuran suatu negara.
- keberadaan alat untuk memecahkan persoalan dalam perusahaan itu sangat penting untuk Memudahkan dalam pengerjaan pekerjaan.untuk memudahkan pekerjaan dibutuhkan alat seperti komputer.gagasan untuk menggunakan komputer sebagai sistem manajemen informasi merupakan suatu terobosan besar,karena menyadari bahwa para manajer membutuhkan informasi untuk pemecahan masalah.
1.3 Peranan manjer dalam pengelolaan manajemen
informasi
Sumber daya
manajemen ada 2:
- Sumber daya fisik : manusia,mesin,material,uang.
- Sumber daya konseptual : informasi(termasuk data).
Peranan manajer
mengelola sumber daya ini agar dapat digunakan secara efektif. Sebagai tindak
lanjut dari peranan manajer maka perlu adanya usha penataan sumber daya
termasuk didalamnya manajemen informasi yakni berupa:
- Sumber daya harus di susun sedemikian rupa sehingga setipa saat di perlukan dapat segera di manfaatkan dan perlu dilakukan modifikasi.
- sumber daya harus dimanfaatkan semaksimal mungkin.
- sumber daya harus selalu diperbaharui.
- Keterampilan Manajemen
Keterampilan
manajemen ada 2 :
1.
keahlian komputer
2.
keahlian informasi.
di jaman yang
sudahMengandalkan teknologi serba canggih ini,komputer adalah alat yang wajib
bisa di kuasai. Karena hampir semua perusahaan menggunakan komputer untuk
menjalankan pekerjaan.
- Manajer dan system perusahaan
Manajer dan
sistem informasi,sistem adalah sekelompok elemen-elemen yang saling
berinteraksi untuk mencapai tujuan tertentu,contoh:perusahaan
manufaktur.setiap system memiliki btas-batas luar yang memisahkannya dari
lingkungannya.tidak semua sistem memiliki kombinasi elemen sistem yang
sama,namun secara umum bisa di gambarkan terdiri dari sumber daya
input(masukkan),proses transformasi dan sumberdaya output(keluaran).
1.4
Data dan informasi
Data dan
informasi merupakan suatu sumberdaya yang utamasecara konseptual,yang keduanya
pada umumnya merupakan hal yang saling berbeda.data terdiri dari fakta dan
angka dari berbagai sumber dalam dunia nyata menyangkut entitas manusia,objek
dan kejadian yang bisa bersifat kualitatif dan kuantitatif serta bersifat
internal maupun eksternal.Informasi adalah data yang telah diolah sehingga
punya arti bagi pemakai.Pengolah informasi mengubah data menjadi Informasi dan
merupakan salah satu elemen kunci dalam sistem konseptual.
1.5
Komputer sebagai elemen dalam sistem informasi
Komputer adalah
elemen yang penting dalam sistem informasi untuk mengubah data yang sudah ada
menjadi informasi bagi manajer dan pemakai informasi yang lain.
1.6
Evolusi sistem informasi berbasis computer
- Fokus data (SIA/EDP)
Di dukung
dengan munculnya punched card dan keydriven bookkeeping machines ,dan
perusahaan umumnya mengabaikan kebutuhan informasi para manajernya .Aplikasi
yang di gunakan sistem informasi akuntansi (SIA).
- Fokus informasi (SIM)
Aplikasi
komputer harus di terapkan untuk tujuan utama menghasilkan informasi.
- Fokus pada pendukung keputusan (SPK)
Sistem
informasi yang ditujukan pada suatu masalah tertentu yang harus di pecahkan
oleh manajer dan keputusan yang harus di buat oleh manajer.
- Fokus konsultasi (sistem pakar)
Sebuah
perangkat lunak komputer yang memiliki basis pengetahuan untuk domain tertentu
dan menggunakan penalaran inferensi menyerupai seorang pakar dalam memcahkan
masalah.
1.7 Upaya pencapaian sistem informasi berbasis
komputer
Sistem
informasi berbasis komputer berkembang melalui
tahapan-tahapan,analisis,rancangan,penerapan, dan penggunaan.Tahapan-tahapan
tersebut dinamakan siklus hidup sistem dan dapat dilakukan oleh pemakai sendiri
atau pemakai bekerja sama dengan spesialis informasi.
SUMBER
Tidak ada komentar:
Posting Komentar